Sejarah Amerika Dijuluki “Paman Sam”

Sejarah Amerika Dijuluki “Paman Sam”

Mengapa Amerika dijuluki jadi negara “Paman Sam” (Uncle Sam) ?. Begini ceritanya, dulu ada orang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada umur 14 th., ia jadi sukarelawan pejuang untuk negaranya. Sesudah dewasa, ia buka usaha paket daging di New York. Ia mensuplai bertong-tong daging untuk tentara AS dalam Perang 1812.

Sejarah Amerika Dijuluki “Paman Sam”

Pada th. 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seseorang kontraktor pemerintah. Barang di check oleh dua bersaudara, Ebenezer serta Samuel Wilson. Samuel Wilson seringkali di panggil “Uncle Sam” oleh rekannya. Tiap-tiap paket diikuti inisial E. A. -U. S. Ketika disuruhi makna inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab kalau EA yaitu Elbert Anderson serta US yaitu Paman Sam yang semestinya yaitu United States. Jadi judul jadi popular di kelompok beberapa pekerja, tentara, serta beberapa orang, serta Pemerintah Amerika Serikat saat ini di kenal jadi “Paman Sam”

Cerita di atas pada akhirnya di catat dalam satu koran. Pada 1860-an serta 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast meningkatkan gambar itu dengan memberi Paman Sam janggut putih serta baju yang bermotifkan bintang serta garis. Nast juga-lah yang membuat citra Sinterklas serta gajah jadi lambang Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengaku Samuel Wilson jadi cikal akan symbol nasional Amerika.

Paman Sam Wilson dipandang jadi tokoh teladan mengenai seseorang wiraswasta yang menyukai berusaha keras serta cinta pada tanah airnya. Wilson meninggal dunia di umur 88 th. pada 1854 serta dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu memperoleh sebutan ‘Rumah Paman Sam. ’ Pada akhirnya, nama Paman Sam dengan resmi digunakan untuk julukan negara Amerika. Beberapa orang Amerika saat ini bangga dengan julukan serta citra yang dipunyai Paman Sam.

sumber : http://www.datapaitosgp.live/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *